Pilihan Bahasa ID | EN
Tanggal : 2014-10-25 09:49:14

Ramadhan Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah

Senin, 20 Agustus 2012 | 12:30 WIB

aBertepatan dengan 1 Syawal 1433 Hijriah dan menjadi program kegiatan puncak sepanjang bulan suci ramadhan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menggelar shalat Ied berjamaah dan dilanjutkan acara halal bihalal lebaran secara terbuka bagi masyarakat umum atau open house.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Kantor Walikota di jalan Raya Siliwangi Pamulang. Ribuan umat muslim dari kalangan pamong praja dan warga yang bermukim di Kota Tangerang Selatan bersuka cita di hari kemenangan ini

Walikota Tangerang Selatan - Airin Rachmi Diany, di hadapan para jamaah menyampaikan sambutan resmi.  Seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia melakukan takbir, tahlil dan tahmid mengagungkan serta mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT di hari kemenangan.

Setelah sebelumnya seluruh umat muslim harus maju ke medan perang - memerangi hawa nafsu selama menunaikan ibadah puasa sehari penuh. Di hari kemenangan ini, Walikota Airin, mengajak kepada seluruh warga di Kota Tangerang Selatan untuk terus membangun Ukhuwah Islamiyah.

Walikota Airin menegaskan, akibat terjadinya konflik fisik tersebut malahan menimbulkan kerugian materi dan korban jiwa dari kedua pihak. "Adanya konflik tentu saja tak akan menguntungkan kedua kelompok yang saling terlibat," terangnya. 

Usai shalat Ied berjamaah yang dipimpin oleh Muhammad Fuad sebagai imam, Runutan prosesi ibadah ini dilanjutkan dengan penyampaian khutbah shalat Ied. Bertindak sebagai khotib, Muhammad Anwar, yang dalam khutbahnya mengusung tema "Kita Raih Prestasi Untuk Menggapai Ridha Illahi".

Di atas mimbar, secara garis besar ia mengajak kepada seluruh jamaah shalat Ied untuk mengkaji dan merenungkan kembali tentang nilai-nilai strategis yang terkandung dalam setiap kegiatan ibadah selama bulan ramadhan. 

"Di saat itulah proses (selama beribadah ramadhan) terjadi. Akibatnya menjadi bersih dan sehat. Ketika terjadi sehat, maka akan terjadi kesimbangan. Kemudian menghadirkan semangat untuk beraktivitas," terang Anwar.

a Implikasinya, lanjut Anwar, akan terbentuk pribadi umat yang sholeh, istiqomah dan berakhlak mulia. Dijabarkannya, puasa dapat memberikan kesehatan fisik dan mental. Tentunya bila dilakukan semata-mata karena mengharapkan ridho Allah SWT. Maka akan diberikan kesehatan jasmani dan rohani.

"Puasa dapat mengantarkan pelakunya menjadi aman dan nyaman. Allah SWT akan menghapuskan seluruh dosa yang pernah dibuatnya dengan ibadah puasa akan dihantarkan kebersihan jiwa dan raga," papar dosen di Universitas Islam At-Thahiriyah (UNIAT) - Tebet -Jakarta Selatan.

Sambung Anwar, nilai strategis lainnya adalah kebersihan dan kesehatan jasmani serta rohani. Umat menjadi mampu berkompetisi dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi secara jujur, percaya diri, berakhlak mulia. Hal ini disebabkan karena umat tersebut memiliki kesadaran akan ketuhanan. Diyakininya bahwa Allah SWT akan selalu mengawasi, sehingga umat tersebut selalu ingin menghindari dari perbuatan dosa.

Ditambah lagi jiwa sosial yang mampu menumbuhkembangkan kepedulian terhadap antar seluruh umat. Sadar, peka dan berempati tentang apa yang sedang dialami dan dirasakan oleh para kaum dhuafa. Umat muslim seperti ini, ujar Anwar, terus bertawakal, ingin mengapai ridho illahi, untuk mendapatkan predikat golongan orang yang bertakwa.

"Implikasi kentara bagi umat yang menjalankan ibadah ramadhan, maka akan menjadi kreatif, inovatif, kompetitif dan visioner. Sesuai firman Rasulullah SAW, kita dijamin akan sukses, bahagia, damai sejati dunia dan akhirat. Hendaklah kalian kalian jujur, jauhilah dusta," ujarnya.

Kegiatan shalat Ied berjamaah dilanjutkan dengan acara halal bihalal yang dihadiri seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Tangerang Selatan. Bersama dengan para alim ulama,  pengurus Yayasan Al Mujahidin serta tokoh masyarakat dan elemen lainnya.

Mereka yang hadir rela mengantre agar bisa bersalaman saling memaafkan secara langsung bersama Walikota Airin dan keluarga. Dibawah rindangnya tenda yang dibalut kain putih sebagai tanda kembali suci atau fitrah, kegiatan open house ditutup dengan acara ramah tamah dan menikmati berbagai jenis menu santapan hidangan khas lebaran. (bpti-ts



a

Copyright © 2011
Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Dilindungi oleh Undang-undang.
Dikelola oleh Bagian Pengelola Teknologi Informasi Pemerintah Kota Tangerang Selatan.
Email:info@tangerangselatankota.go.id